Trip Ke Labuan Bajo / komodo

Salam backpacker sobat semua,  kali ini saya akan memberikan beberapa tips panduan tentang trip ke Labuan Bajo/Komodo

 Pulau Kelor

 Pulau Gusong

 Pulau Padar

 Pantai Pink

Gili Lawa Darat

Pertama, hunting tiket sebaiknya tidak terlalu mepet trip atau tidak terlalu jauh bulan dari trip. Waktu satu atau dua bulan cukup pas kontrol harga tiket. Karena kalau terlalu mepet waktu atau terlalu lama malah lebih mahal.

Kedua, bila ikut open trip teliti sebelum membeli. Ada beberapa trip yang include tiket ke pulau Komodo atau hotel semalem sebelum/setelah trip. Atau penjemputan dan antar bandara. Pasti ada beberapa perbedaan harga juga pelayanan atau fasilitas kapal misal pakai ac atau non ac. Jangan ragu minta kejelasan dan membandingkan.

Ketiga, bila tidak ingin ikut open trip misal punya rombongan langsung saja ke pelabuan di sana banyak kapal dan crew nya bisa tanya2 jangan ragu. O ya dari bandara ke pelabuan bila ingin hemat naik ojek max 20 ribu. Di pelabuan banyak pilihan kapal tinggal sesuaikan bajet. Yang pasti ada harga ada rupa. Tapi ingat jangan kena calo usahakan transaksi dengan pemilik kapal langsung. Bagi para backpacker di sekitar pelabuan banyak penginepan/hotel dari harga 75 ribu sampai jutaan, sesuaikan kemampuan.

Ke empat, idealnya trip explore Komodo adalah 3 hari sailing agar dapat semua obyek2 unggulan. Tapi kalau misal cuma ada wkt sehari atau dua hari tentukan obyek yang di ingini komunikasikan dengan capten kapal mana yg bisa di jangkau.

Intinya ikut open trip atau jalan sendiri ada plus minusnya. Kalau ikut trip kita bayar dan tahu beres plus lebih terarah serta dapat teman2 baru.

Kalau jalan sewa kapal sendiri mungkin lebih hemat tapi pandai2 kita bertransaksi dan kerja sama dengan crew kapalnya agar bisa mengantar ke spot2 yang indah.
Tambahan, obyek2 indah di p Komodo berupa pantai dan best viewnya di bukit2, serta cuaca teramat panas. Usahakan sebulan sebelum trip latian fisik seperti joging atau perbanyak jalan kaki biar di sana mudah adaptasi.

Semoga bisa membantu.
Selamat berpetualang.

#flores
#explorekomodo
#explorelabuanbajo
#sharingchostkomodo

2 comments