Persiapan Naik Gunung Untuk Pemula

Perlengkapan dan persiapan adalah pertanyaan yang sering muncul saat ingin mendaki gunung. Apalagi, semakin populernya, kegiatan mendaki gunung seakan bukan lagi aktivitas istimewa. Semua orang terdorong untuk merasakan naik gunung, tanpa memikirkan betapa sulit persiapannya agar dapat mendaki gunung dengan baik. Apa mau di kata, naik gunung sesungguhnya tak semudah naik gunung  pada umumnya, yang telah banyak menipu anak muda labil yang ingin memenuhi foto selfie berlatar pemandangan.


usut punya usut kebanyakan sekarang mah hanya nekat yang ada membahayakan diri sendiri dan orang lain, 






Mati digunung rasanya nggak bangga ya?? Traveller bkn, petualang bukan. Oleh karena itu, pengetahuan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendaki gunung pun banyak dicari. Pertanyaan ini wajar, bahkan tanpa adanya film film naik gunung dan acara apa lah  pun sejak dahulu kala para pendaki gunung terutama pemula perlu tahu perlengkapan dan persiapan apa saja untuk mendaki gunung.

Nah, untuk mempermudah, berikut coba dijabarkan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan saat mendaki gunung

Mendaki gunung itu setidaknya dilakukan secara berkelompok, minimal tiga orang. Oleh karena itu, perlengkapan naik gunung yang perlu disipakna juga dibagi dua, yaitu perlengkapan individu dan kelompok. Perlengkapan Individu ini, perlengkapan yang menjadi tanggung jawab setiap individu untuk membawa dan memiliki untuk perjalanan demi keselamatan dan kenyamanan perjalanan.

Perlengkapan individu ini ada yang sifatnya wajib demi keamanan dan berjalannya pendakian. Ada juga yang sifatnya pilihan karena ada atau tidaknya sifatnya kenyamanan dan bergantung pada medan serta tujuan.

Lalu perlengkapan kelompok. Perlengkapan yang memiliki wajib minimal tertentu harus ada dalam setiap kelompok pendakian. Ini menjadi tanggung jawab ketua kelompok pendakian untuk memastikan ketersediaan perlengkapan. Perlengkapan kelompok ini sifatnya wajib ada.

Lalu apa saya perlengkapan itu?

Persiapan pribadi berupa perlengkapan apa saja yang harus dibawa ini sangatlah penting agar tetap aman saat anda baru pertama kali mendaki gunung. Ini dia peralatan perlengkapan pribadi yang harus anda bawa untuk mendaki gunung:
  • Tas DayPack / Carrier (minamal 40 liter) : Untuk membungkus semua perlengkapan anda.
  • Jaket Tebal (Jaket Gunung) : mengingat dinginnya suhu di gunung, Jaket adalah salah satu perlengkapan penting yang harus anda bawa.
  • Celana Training dan atau Celana Kargo
  • Sepatu Gunung / Sandal Gunung : Jangan asal sepatu, anda harus memakai sepatu atau sandal yang sekiranya bisa digunakan untuk trek berat.
  • Obat-obatan pribadi : jika anda mempunyai penyakit khusus yang sekiranya tim anda tidak menyiapkan obat tersebut.
  • Jas Hujan : Untuk antisipasi jika terjadi hujan saat mendaki. Sangat penting untuk dibawa!
  • Kaus Kaki Tebal dan Sarung Tangan
  • Pakaian ganti : untuk mengganti pakaian anda yang basah karena hujan ataupun keringat.
  • Lampu Senter / Head lamp : Untuk peralatan khusus anda saat mendaki di malam hari. Tetap ingat, di gunung tidak ada listrik!
  • Masker : Jika trek berdebu, anda dianjurkan membawa masker ini. 
  • Gaiter:  Jika gunung tuuan Anda memiliki medan berpasir, alat ini perlu dimiliki. Gaiter dipasang di bagian atas sepatu sebagai penutup sampai sebatas lutut. Biasanya terbuat dari kain atau polyester. Titik untuk melindungi bagian bawah kaki, dan juga untukmenghindari masuknya pasir dan batu ke dalam sepatu saat melewati trek berpasir dan berbatu di pegunungan.
  • Trekking pole atau Tongkat daki: Tongkat ini berfungsi untuk membantu waktu istirahat panjat terutama ketikamelewati lereng cukup miring. Istilah ini hanya tongkat. Trekking tiang ini mampumenyesuaikan panjang pendek tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki alat ini.
  • Matras dan Sleeping Bag. Untuk peralatan pribadi anda saat tidur di tenda. Sleeping bag diperlukan agar badan anda tetap hangat dan tidak kedinginan saat tidur.
  • Air dan Makanan (Opsi; Biasanya disediakan bersama oleh tim)
  • KTP : biasanya untuk keperluan simaksi


Peralatan dan perlengkapan kelompok di sediakan oleh kelompok untuk keperluan tim nanti saat naik gunung. Berikut peralatan dan perlengkapan yang sangat wajib dibawa untuk keperluan tim. Jika anda mendaki bersama dengan 5 orang lebih, disarankan membawa tas gunung (Carrier) minimal 2 dengan kapasitas minimal 75 liter.

  • Tenda Camping : dengan kapasitas tenda tergantung dari berapa banyak jumlah orang dalam tim anda. 
  • Peralatan Memasak dan Logistik : Nesting, Kompor Gunung, gas  dan lainnya
  • Pisau
  • Obat - Obatan seperti Oksigen, Obat untuk luka, obat nyeri sendi, suplemen.
  • Peralatan Navigasi seperti kompas
  • Trash Bag untuk kantung sampah. Ingat jangan buang sampah apapun di gunung!


Untuk konsumsi atau logistik, disarankan harus dipersiapkan sedetail mungkin agar tidak terjadi hal yang di inginkan. Bawalah air secukupnya, karena tidak semua trek di gunung menemui sumber air.



Nah, jadi itulah perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian dengan aman dan nyaman. Jadi, kalau mau naik gunung itu harus disiapkan dengan baik! Sekian artikel mengenai peralatan dan perlengkapan pribadiuntuk anda yang ingin mendaki gunung. Semoga bermanfaat :)



No comments