Pantai Klayar Pacitan dengan Pesona Alamnya

Hey guys
Tahukah Anda, Pantai Klayar Pacitan ada yang pernah kah ke sana, Pantai Klayar Pacitan menyimpan sejumlah keindahan alam yang mengagumkan. Anda dapat menemukan pesona dan keunikannya pada hamparan pasir yang putih, adanya karang raksasa laksana Sphinx, air mancur alami hingga setinggi 10 meter, serta bebatuan karang dengan bentuk yang unik dan suguhan seruling samudera.


Secara administratif, Pantai ini terletak di Pacitan, Jawa Timur dan berbatasan dengan Gk nih itu, Jawa Tengah. Pantai Klayar Pacitan terletak di Kecamatan Donorojo, tepatnya di Desa Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari pusat kota Pacitan, Pantai Klayar dapat ditempuh dengan jarak perjalanan sejauh 40 km pada arah barat Pacitan, menghabiskan waktu perjalanan selama sekitar 1 jam.Pantai ini masih segaris dengan Pantai Teleng Ria yang sudah dikelola sebagai tempat wisata terlebih dahulu


Pantai Klayar adalah salah satu pantai di Jawa Timur yang menawan. Popularitasnya memang belum setenar Goa Gong di Pacitan atau Pantai Teleng Ria. Tetapi secara umum, pantai ini sudah dikenal di kalangan masyarakat Jawa Timur sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang menarik.




Pesona panorama pantai klayar yang menawan ini adalah sebuah hal yang layak di masukkan dalam rencana perjalanan. Oh iya, Tetapi perlu diketahui bahwa akses menuju pantai ini terbilang kurang mudah. Jika mengunjungi Pantai Klayar Pacitan, maka pasti akan menjumpai sejumlah bagian jalan yang belum teraspal secara utuh serta beberapa bagiannya yang rusak.

Selain itu juga harus melewati jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun, sebuah hal yang menuntut untuk lebih berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan. Tetapi setiba di pantai kita bakalan disuguhkan pemandangan pantai yang indah nan ajip.


* Seruling Samudra *



Rute Perjalanan ke Pantai Klayar Pacitan
Hingga saat ini, belum tersedia angkutan umum yang dapat mengantarkan ke Pantai Klayar Pacitan. Cara paling populer ke pantai tersebut adalah dengan membawa kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor. Beberapa wisatawan juga menggunakan jasa agensi perjalanan untuk mengantarkan rombongan menuju pantai Klayar ini. Perlu diketahui, dari Goa Gong Pacitan ke pantai Klayar hanyalah berjarak sejauh sekitar 12 km.

Jika dari Jogjakarta, maka rute paling recommended menuju pantai Klayar adalah mengambil jalan melalui Wonosari di Gunungkidul. Daerah yang akan dilalui adalah Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Punung – Pantai Klayar.

Jika dari Solo, maka arahkan kendaraan menuju Kecamatan Pracimantoro, lalu akan tiba di pertigaan Giribelah, berbeloklah ke kanan hingga tiba di perempatan Kalak. Dari situ, hanya perlu meneruskan perjalanan selama sekitar 1 jam hingga tiba di Pantai Klayar.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini....

Alamat Pantai Klayar: Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur
Peta Lokasi: Klik disini
Koordinat GPS: -8.223808,110.947473

PANTANGAN DI PANTAI KLAYAR
Ohh iyaa, Seperti pada umumnya di tempat-tempat wisata yang masih wingit maupun faktor alam yang diindikasikan memiliki tempat berbahaya, di Pantai Klayar Pacitan juga terdapat beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar. Apa bila nekat, resikonya tanggung sendiri.

Pantai Klayar ini masuk zona pantai selatan yang dikenal memiliki gulungan ombak besar tidak beraturan dan sangat berbahaya. Maka, apa bila Anda berada di pantai wajib mematuhi rambu rambu yang sudah terpasang di sepanjang titik rawan pantai, baik dalam bentuk bendera merah maupun tulisan yang terpampang dilarang mandi dan sejenisnya.

Pantangan berikutnya, Anda dilarang keras memasuki area seruling samudera tanpa pengawalan dari penjaga. Karena Anda tidak pernah tahu lubang lubang mana yang bakal menyemburkan air hingga mengeluarkan suara seperti seruling. Air mancur atau lebih tepatnya semburan air laut di lubang batu karang ini terjadi karena dorongan gelombang berkekuatan berton ton yang sanggup melemparkan tubuh manusia hingga puluhan meter. Sekarang Anda sudah mengetahui kenapa tidak boleh masuk seruling samudera sendiri.?!. Masuk area ini pengunjung diwajibkan membayar sekitar Rp 5000/orang untuk hari biasa, murah ya.?. (Tawar aja , Rp 10.000, biar agak mahalan, hehe)

Demikian yang bisa dijelaskan dan disampaikan, semoga kalian bisa menikmati perjalanan dan indahnya alam, oh iya satu lagi jangan buang sampah sembarangan tetap jaga kebersihan, kalo bukan kita siapa lagi....

Sampai bertemu di trip selanjutnya !!!

1 comment