GANTOLE Wonogiri Beserta Waduk Gajah Mungkur + rumah piring

libur lebaran tlah tiba….
Asik guys, ketemu sodara ketemu mbah ketemu sepupu ketemu pakde bude bulik ketemu cicit, mantan ada nggak yahh wkwkk…. (Lanjut ajalah)

Hai, guys. Udah dateng nih lebaran dan mumpung di Wonogiri sempetin main main ahh kali aja ada yang bening bening *cobaaa ituuu… 

Pagi itu sebenarnya aku sudah diniatin sih dari malam harinya, bangun pagi pagi tanpa mandi dan gosok gigi hahaha *jorok dikit kaga papa lah

Bingung karena suntuk nggak ngapa ngapain. Tak ajak aja sodara sepupu laki laki sebut aja namanya “Herma” dia jomblo anak UIN Jogja. Calling dan liat teman-teman uda pada asik dengan tripnya masing-masing. Statusnya pada “otewe” cuy. Lihat aja, depe bebe-em-nya aja pada di pantai ama gunung, beberapa asik dengan air terjun. Sementara diriku??? Aiiiiih, melongo di rumah. Haha.

Okelah, aku juga punya cara sendiri dalam menikmati weekend ini kok. Oia, catat ya guys, sesekali kalian harus menikmati salah satu fase indah dalam hidup ini (baca= jomblo), dengan jalan-jalan.
Siaaap? Ayok mulai perjalanannya guyz mumpung di Wonogiri.

Dalam pikiran saat itu, ada satu tempat yang akhir-akhir itu mengganggu pikiranku. Iya, aku pengeeeen pake banget kesana. Yaaa…, dari pada keinginan itu tumbuh menjadi jerawat liar di  wajahku, okelah, harus dituruti. Ambil kunci motor, pake helm lanjut gaaaas dan bawa kamera kesayangan….
Tanpa membawa tas dan cuma membawa diri dan kamera ditambah hape sudah cukup karna deket sih dari rumah sie mbah, kurang lebih dua puluh menitanlah 

Salah satu tempat yang menggodaku sejak lama adalah Gantole Wonogiri. Gantole itu semacam bukit gitu, yang digunakan untuk start lepas landas para penyuka paralayang. Tapi eh tapiii, di gantole tersebut sekarang sudah jarang digunakan lagi. Entah karena apa. Yang pasti, sekarang gantole tersebut dijadikan sebagai tempat wisata yang dikelola oleh warga sekitar. (Pemikiran yang Bagus warga)

Siap gas. Yuhuuuuu
ketika masuk kota wonogiri, apalagi saat sebelum memasuki kecamatan Wuryantoro, terlihat waduk gajah mungkur,

Tanya jalan ama orang yang di pinggir jalan dan tukang parkir, akhirnya sampai juga di jalur ke arah waduk gajah mungkur. Kenapa? Karena gantole ini terletak 2 km sebelum waduk gajah mungkur. Acuannya adalah gapura ini nih… *lihat foto dibawah. Berada di kanan jalan yak. kanan jalan 2 km sebelum waduk gajah mungkur



Masuk di gapura tersebut, langsung disambut dengan jalan menanjak. Wuus…. tapi, jangan khawatir, aku yakin motor kalian mampu kok. Aku aja pakai motor matic fine aja. Hehe.

Awalnya sih, jalannya halus untuk kelas jalan pedesaan, tapi, ketika hampir sampai gantolenya, jalan makin menanjak dengan kemiringan bisa sampai yaaa… sekitar 70 derajat plus bonus jalan aspal rusak. Hehe. Jadi, pintar-pintar milih jalan yang halus aja. Tapi tenang jalanannya halus mulus koq *tetep kalem dan safety guys
Yuhuuu, sampe juga di tempat parkir gantole wonogiri.

Tapiiii…, kok… kok… kok…. *clingukan. Kok beda ama yang ada di foto instagram? Padahal spot foto di atas batu itu yang aku inginkan.

Daripada bingung, mending nanya aja ama tukang parkir. Setelah aku lihatin fotonya, tukang parkir itu bilang, kalau tempat yang aku maksud berada di gantole pertama, sementara yang disini adalah gantole kedua. *wadduuu…. ^_^>. Tapi tak apalah.

Sayanglah udah ampe disini jika langsung putar balik ke gantole pertama. Jadi, gantole kedua ini letaknya lebih tinggi daripada gantole pertama. Setelah menaiki tangga, kamu akan bisa melihat luaaaasnyah waduk gajah mungkur. Wuuuw, keren abis. Dulu saat ke waduk gajah mungkur, malah terlihat biasa aja tempate. Tapiiii, kalau dilihat dari sini, emejiiiiing guys. Di atas situ ada lapangan luas, ada tempat duduk, lalu ada semacam spot lintasan lepas landas paralayang. Naaah, disitulah biasane banyak orang berjejeran. Entah yang jomblo duduk sendirian, ato rame-rame ama temene, atau berduaan mesra dengan pacarnya. Aseeeek. Haha

Karena aku sampe sana masih pagi banget, jadi masih rada sepi, hanya ada beberapa orang, ada 1…2…3 *oiy mana pada kemana coba.

gitu mungkin pasangan muda-mudi pacaran. Lalu ada 2 cewek yang asik foto-foto. Naaah…. ehem…. uhuuuk….. *mendadak batuk. Haha.

Datang sendirian nih, bingung kan mau foto gimana. Hanya bisa duduk, lalu motoin sepatuku dengan background waduk gajah mungkur, atau kalau nggak selfie yang hanya terlihat kepalaku masih dengan background waduk gajah mungkur.

Kan pengen yak, bisa foto seluruh badan gitu, akhirnya iseng aja deketin 2 cewek tadi.
“Mbak… mbak… minta tolong fotoin donk,” pintaku pada mereka.
Ehem… ini bukan modus loh… haha.
Klik….klik…. jepreeet… *aseeek dapat foto full body..

Abis itu, ngobrol-ngobrol bentar dengan 2 cewek tadi, yang ternyata berasal dari wonogiri dan sukoharjo.(mayan lah dari rumah mbah heheee)
ini foto full body dari gantole kedua. hasile jepretan cewek cantik nih..




Ajib Santai Sejenak sambil menikmati






Puas di gantole kedua, namanya “Puncak Joglo” dan ini baru dipasang, tahun kemarin 2015 belun ada masih kosong selesai berfoto ria di gantole kedua yuk cuss saatnya turun ke gantole pertama. Yuuuk….
Turuuun aja terus, perhatikan kanan jalan, jika uda ngelewatin SD, lalu ada belokanan ke kanan, dan ada portalnya, berarti anda sudah sampai. Tinggal belok aja kesitu.
Aaaah…. akhirnya sampai juga.

Yaaah, bingung lagi. Lah, mana batu besarnya? Kok setelah menaiki tangga, Cuma ada lintasan lepas landas paralayang, lalu ada sebuah tempat kayak makam gitu. Hmmmm.. *mikir keras.
Asal jalan aja terus sampai pojokan, eh, ternyata ada jalan kecil menurun menuju sebuah batu besar. Yap, sesuai dengan apa yang aku inginkan. Hehe.

Sepiiii banget saat itu, padahal hari minggu. Hanya saja, emang sih saat itu cuaca rada panas cerah gitu, jadi wajar aja kalau saat itu sepi orang. Hanya ada beberapa orang pacaran, tapi hanya berada di atas, nggak turun ke batu itu.

Turun pelan-pelan, jalanan tanah, aku langsung naik di atas batu besar itu.
Subhanalaaaah…… waduk gajah mungkur terasa begitu dekat, luasnya seperti dapat ku peluk. Jika kau di waduk gajah mungkur airnya terlihat coklat, tapi kalau dari gantole situ, airnya terlihat berwarna biru. Kereeen en emeejiiiiing guys. Sumpah!! Nggak rugi jauh-jauh ampe sini.


*Foto lintasan lepas landas paralayang*
*Foto tahun 2015 pas belum ada papan nama*


*Foto 2016 saat sudah dipasang tulisan “Watu Cenik” *
ini beberapa foto yang diambil dari gantole pertama
di atas batu itulah yang menjadi daya tarik untuk menjadi spot hunting foto di gantole wonogiri
Okelaaaah…. puas nggak puas. Tapi, suatu saat aku akan kembali kesini lagi. *kan belum keturutan pose foto yang diinginkan. Hehe.

gimana? ajiiiib kan? gantole + waduk gajah mungkur = jodoh.(nggak taulah kemana dia) mantan (masa lalu jangan dikenang) heheee
iya!!! jodoh yang memperkaya keindahan alam indonesia.
Sudah ya sudaaah, pukul 08.30 aku balik ke parkiran. Cuus pulang lanjut kondangan.
Baliknya sih pelan-pelan sambil menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. … Jangan lupa mampir juga ke objek wisata Gajah Mungkur dan rumah piring jaraknya dekat dari tempat gantole..

Berikut biaya yang aku habiskan borii backpacking ini.
Tiket parkir 2 gantole                                      :   4.000
Tuuuuh kan, Cuma dengan Rp 4.000 braaaay, murah abis. Sebanding  dengan apa yang bakal kau peroleh. Lebih malah. Serius.

Jadiiiii…. kapan kalian Gantole Wonogiri? Ah, andai yang aku lihat juga kalian lihat. Kalian bakal langsung gaaaas ke tempat ini. hehe.
Udahan yaa….

Sampai jumpa dengan destinasi menarik perjalananku selanjutnya.
Bang Borii akan kemana lagi? Tunggu trip selanjutnya.


No comments